4 Cara Mengetahui Jantung Sehat dan Bagaimana Cara Mengecek Detak Jantung?

Cara mengetahui jantung sehat - Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia dan mempunyai ukuran sebesar kapalan tangan. Jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

4 Cara Mengetahui Jantung Sehat dan Bagaimana Cara Mengecek Detak Jantung?
bing.com/images/

Istilah penyakit jantung juga kerap dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Penyakit ini umumnya mengacu pada kondisi yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke.

Ada beberapa gejala penyakit jantung yang harus kita ketahui dan waspadai agar bisa terhindar dari penyakit jantung yang parah, gejala gejala penyakit jantung ini bersumber dari halodoc.com jadi gak perlu khawati artikel ini menyimpang.

Gejala penyakit jantung pada umumnya, antara lain:
  • Detak jantung yang tak beraturan.
  • Mudah lelah.
  • Napas terasa berat.
  • Sulit tidur.
  • Berdebar karena hal yang tidak pasti.
Penyebab Penyakit Jantung :
  • Kebiasaan merokok.
  • Kadar kolesterol yang tinggi.
  • Pola hidup tidak terjaga.
  • Hipertensi atau tekenan darah tinggi meningkat.
  • Kelebihan berat badan.
  • Adanya penyakit diabetes.
  • Faktor usia dan jenis kelamin.
Ada berbagai cara untuk pencegahan penyakit jantung yang dapat dilakukan, di antaranya:
  • Menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi makanan berkolesterol tinggi serta melakukan olahraga secara rutin.
  • Berhenti merokok.
  • Mengurangi konsumsi minuman keras.
Khusus bagi pengidap angina atau angina duduk, pencegahan penyakit jantung perlu dilakukan demi menghindari serangan jantung serta komplikasinya. Oleh karena itu, pengidap angina dianjurkan untuk meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter dan sesuai dengan dosis.

Bagaimana Cara Mengecek Kesehatan Detak Jantung yang Sehat

Mengetahui Detak Jantung Rata-Rata Saat Istirahat

1. Duduk dan tenangkan diri Anda selama beberapa menit.

Detak jantung berfluktuasi berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Bahkan, berdiri saja bisa meningkatkan detak jantung. Jadi, sebelum mengukur detak jantung, Anda perlu rileks.
  • Cara terbaik untuk mengetahui detak jantung rata-rata saat istirahat adalah dengan mengukurnya segera setelah Anda bangun tidur di pagi hari.
  • Jangan mengukur detak jantung setelah Anda berolahraga karena detak jantung rata-rata yang didapat akan tinggi, dan Anda tentu tidak akan mendapatkan detak jantung rata-rata yang akurat. Selain itu, stres, cemas, atau marah juga dapat meningkatkan detak jantung Anda.
  • Jangan mengukur detak jantung setelah Anda meminum kafeina entah itu saat Anda berada di lingkungan yang lembap atau panas karena kafeina dapat meningkatkan detak jantung Anda untuk sementara waktu.
2. Gunakan jari-jari tangan Anda untuk menemukan denyut nadi.

Gunakan ujung jari tengah dan jari manis Anda untuk menekan pergelangan tangan atau leher untuk menemukan denyut nadi.

3 Tekan jari-jari Anda ke arteri sampai Anda merasakan denyut yang kuat.

Anda mungkin perlu waktu untuk memindahkan jari tangan Anda di sekitar pergelangan tangan atau leher untuk menemukan denyut nadi atau untuk merasakan denyut nadi yang kuat.

4 Hitung setiap denyutan atau pulsasi untuk mendapatkan detak jantung rata-rata per menit.

Hitung jumlah denyutan yang Anda rasakan selama 30 detik dan kemudian kalikan jumlah yang Anda dapatkan dengan dua atau hitung denyutan selama 10 detik dan kemudian kalikan jumlah yang Anda dapatkan dengan 6 untuk mendapatkan detak jantung rata-rata per menit.
  • Misalnya, jika Anda menghitung 10 denyutan dalam 10 detik. Kalikan jumlah itu dengan 6 untuk mendapatkan detak jantung rata-rata saat istirahat sebesar 60 denyutan per menit.
  • Jika ritme denyutan tidak teratur, hitung denyutan selama satu menit penuh. Ketika mulai menghitung, hitung denyutan pertama sebagai nol dan hitung denyutan kedua sebagai satu.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali untuk mendapatkan detak jantung rata-rata yang lebih akurat.
Penyakit jantung dapat menyerang semua orang, tapi mungkin dengan jenis gangguan jantung yang berbeda. Dan serangan jantung mendadak seringkali disebabkan penyakit jantung koroner, di mana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang menyebabkan berkurangnya aliran darah termasuk oksigen. Inilah yang menyebabkan serangan jantung terjadi ketika terjadi provokasi seperti akitvitas tinggi, kelelahan, stress berat dan lain-lain. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi jantung Anda dengan tujuan:
  • Mengetahui dan mendapatkan penatalaksanaan yang sesuai jika memang didapati adanya gangguan, berhubungan dengan terapi, pengendalian faktor penyebab seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol.
  • Dapat melakukan tindakan-tindakan yang tepat dan sesuai untuk mendapatkan kondisi jantung yang optimal misalnya pengaturan pola makan, jenis pekerjaan, olah raga dan lain-lain.
  • Dapat menghindari berbagai hal yang berpotensi memperburuk kondisi jantung, apalagi yang mungkin menimbulkan akibat fatal.
Selain itu, ada patokan umum bagi mereka yang tidak ada masalah jantung, dan ingin melakukan kegiatan olah raga. Kunci utama adalah melakukannya secara bertahap agar jantung dapat menyesuaikan dan terhindar dari beban berlebih.

Salah satu patokan yang dipakai adalah tabel berikut:

Cara Mengetahui Jantung Sehat dan Bagaimana Cara Mengecek Detak Jantung

Berdasarkan tabel di atas, seseorang berusia 20 tahun yang jantungnya dinyatakan sehat, ingin memulai latihan olah raga, harus diawali dengan target maksimal detak jantung 60%, yaitu maksimal mencapai 120x / menit, dipertahankan selama latihan periode pertama. Jika tidak ada keluhan, pada periode berikutnya dapat ditingkatkan menjadi 75%, yaitu sebanyak 150x / menit, demikian seterusnya.

Adapun keluhan yang timbul dan mengindikasikan untuk penurunan target maksimal detak jantung/menit antara lain:
  • Nafas terlalu pendek hingga sulit untuk berbicara.
  • Pusing.
  • Pandangan buram / gelap.
Jika keluhan di atas disertai dengan nyeri dada, Anda wajib menghentikan dahulu latihan Anda dan mengonsultasikannya ke dokter.

Kata kunci dari menjaga kesehatan jantung adalah: kenali kondisi jantung Anda, lakukan aktivitas yang sesuai, olah raga yang sesuai serta bertahap untuk meningkatkan performa jantung, manajemen stress, pola makan dan kebiasaan sehat serta mempertahankan berat badan ideal. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan rutin tertentu, konsultasikan dahulu setiap kali Anda ingin mengonsumsi obat baru, termasuk berbagai obat bebas untuk indikasi apapun.

Artikel tentang Cara Mengetahui Jantung Sehat ini diambil dari beberapa sumber : silahkan cek di halodoc.com, wikihow.com, akumausehat.com.

Search Keyword: cara mengetahui detak jantung sehat, cara mudah mengetahui jantung sehat, bagaimana mengetahui jantung sehat, cara mengetahui jantung sehat atau tidak, mengecek jantung sehat, cara mengetahui jantung sehat, mengetahui jantung sehat, cara mengetahui detak jantung yang sehat, cara mengetahui jantung yang sehat, mengecek jantung sehat, cara mengetahui jantung sehat mengetahui jantung sehat cara mengetahui detak jantung yang sehat cara mengetahui jantung yang sehat cara mengetahui jantung sehat mengetahui jantung sehat mengecek jantung sehat cara mengetahui jantung sehat mengetahui jantung sehat cara mengetahui jantung sehat atau tidak

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengetahui Jantung Sehat dan Bagaimana Cara Mengecek Detak Jantung?"