Baru Lulus SMA/SMA Bisa Menghasilkan Puluhan Juta Karena 5 Bisnis Online Ini!!!

Bisnis Online Cocok Buat Pemula - Sejumlah masyarakat pun memilih mencari penghasilan dengan usaha mikro.

Salah satu usaha mikro yang kelompok masyarakat lakukan ialah berjualan lewat media sosial: memanfaatkan gawai (gadget) dan jaringan sosial di internet.

Nah, pernahkah Anda berpikir untuk memulai bisnis dengan modal dua hal itu? Jika iya, maka Warta Ekonomi punya rekomendasi lima jenis bisnis daring yang bisa Anda lakukan dengan modal tersebut, loh.

5 Ide Bisnis Online Cocok Buat Lulusan SMA/SMK

Baru Lulus SMASMA Bisa Menghasilkan Puluhan Juta Karena 5 Bisnis Online Ini

1. Jual jasa desain/ilustrasi

Jika Anda punya keahlian membuat ilustrasi ataupun karya desain grafis lainnya, maka manfaatkan momen ini untuk menjual jasa tersebut. Pasar akan semakin besar jika Anda membidik pasar komunitas tertentu, seperti penggemar idola Korea Selatan atau animasi Jepang (anime).

Sebagai gambaran, berdasarkan pantauan Warta Ekonomi terhadap komunitas pecinta animasi Jepang di Twitter, sejumlah ilustrator menjual karya mereka dengan sistem pre-order. Salah satu ilustrator berinisial U menjual karyanya senilai Rp14 ribu per cetakan. Lebih lanjut, pengiriman pesanan pun ditanggung oleh pembeli.

Anda juga bisa membagikan pengetahuan lewat kelas daring, seperti Kimi Kinsey yang meraup sekitar Rp29 juta per bulan.

2. Jasa pelatihan daring

Selain desain, Anda juga bisa menjual 'pengetahuan' lewat pelatihan daring. Sebagai contoh, Michael Serwa bisa meraup sekitar 500 ribu pounds (sekitar Rp9,6 miliar) setahun dari jasa pelatihan daringnya. Asal tahu saja, Serwa melakukan hal itu tanpa memiliki sertifikasi lengkap.

3. Jual software

Anda bisa menjual perangkat lunak (software) dengan memanfaatkan laptop dan internet. Salah satu contoh dari bisnis penjualan software terjadi pada Chris Wanstrart. Ia menjual GitHub ke Microsoft dengan nilai Rp105 triliun. Lebih lanjut, ada pula Hengki Wijaya yang menjajakan software keamanan lalu lintas ke Australia.

Selain itu, Anda juga bisa menjual layanan premium dari aplikasi-aplikasi yang relevan saat ini, seperti Netflix, Spotify, Viu, dan sebagainya. Namun, terapkanlah prinsip sharing, bukan mencuri data pribadi akun resmi layanan tersebut.

4. Buat blog/channel Youtube

Tahukah Anda? Blogger Randa Derkson, pemilik The Bewitchin Kitchen bisa menghimpun Rp65 juta per bulan loh.

Dari situ, terbukti kalau blogging bukan hanya bisa menjadi hobi, melainkan juga bisa menjadi sumber penghasilan; jika Anda menekuninya dengan konsisten.

5. Buka toko daring

Nah, yang terakhir ialah membuka toko daring. Hal ini bisa Anda lakukan di media sosial ataupun di berbagai situs e-commerce.


Sesuai platform-nya, Anda perlu mempertimbangkan produk yang Anda jual, ya! Karena, karakterisasi dan perilaku konsumen di tiap platform bisa saja berbeda.

Artikel ini telah tayang wartaekonomi.co.id di berjudul : 5 Ide Bisnis Online, Ada yang Bisa Cetak Rp29 Juta per Bulan Loh