Gara-Gara Disebut Gajah Bengkak! Kisah Diet Wanita Ini Viral Karena Turun Hingga 43 Kg

Teknoart.my.id - Banyak kisah sukses diet menginspirasi. Salah satunya wanita ini yang turun berat badan dari 103 ke 70 kg dengan jalani diet alami.

Melalui akun YouTube influencer diet, Yulia Baltschun, wanita bernama Vindhy Dian menceritakan kisah sukses diet dirinya. Ia pernah memiliki berat badan sampai 117 kg.

Berat badannya itu sempat turun, tapi naik lagi hingga 103 kg. Tapi setelah jalani diet alami, Vindhy akhirnya bisa meraih berat badan sekitar 70 kg sekarang.

Aplikasi penghasil uang halal, aplikasi penghasil uang ojk, penghasil uang tanpa modal, penghasil uang dana 2021, aplikasi pinjaman online, aplikasi pinjaman online terbaik, aplikasi pinjaman online bunga rendah, aplikasi pinjaman onlineojk, aplikasi pinjaman online cepat cair, aplikasi pinjaman online ilegal, Bisnis online tanpa modal, Bisnis online tanpa modal dan terbukti membayar, Bisnis online tanpa modal sepeserpun, Bisnis online tanpa modal untuk pemula. 

Vindhy menceritakan alasan mengapa ia akhirnya berdiet. Durasi dietnya memang panjang karena ia memulai dari tahun 2012, namun ia bilang diet bukan sekadar penurunan angka di timbangan.

Vindhy berprinsip diet merupakan gaya hidup sehat yang perlu dijalani dalam jangka waktu panjang. Selain mengatur pola makan, Vindhy juga konsisten berolahraga.

Dirangkum dari YouTube Yulia Baltschun dan cerita Vindhy di Instagram pribadinya, seperti ini perjalanan diet ala Vindhy. Ia juga memberikan contoh menu makanannya sehari-hari yang. mudah dicontek.

Perjalanan berat badan Vindy

Healthy diet

Disebut Gajah Bengkak, Wanita Ini Terpacu Diet hingga Turun 43 Kg!Disebut Gajah Bengkak, Wanita Ini Terpacu Diet hingga Turun 43 Kg! Foto: YouTube Yulia Baltschun/Instagram vindkipin.id
Tahun 2012 ketika SMP, berat badan Vindy 117 kg. Ia sukses diet hingga berat badannya turun 88 kg. Namun karena terlalu senang dan kalap makan lagi, akhirnya berat badannya kembali naik jadi 103 kg.

"Di tahun 2017, karena dia merasa gagal berat badannya naik lagi, akhirnya dia mulai ikuti program diet dan tips yang aku edukasikan dan akhirnya dia berhasil menurunkan berat badan dari 103 kg itu 70 kg," kata Yulia.

Alasan akhirnya ingin berdiet

Vindhy mengungkap alasan kenapa akhirnya ia ingin menurunkan berat badan. "Saya mengalami krisis kepercayaan diri yang sangat besar, saya mudah marah, tapi saya tidak bisa mengungkapkan semuanya," katanya.

Ia juga sempat alami sesak nafas dan tidak menstruasi selama 6 tahun karena berat badannya yang berlebih. "Yang paling berat waktu saya didiagnosa dokter mengalami sakit batu ginjal," ujar Vindhy.

Selain itu, rundungan dari orang-orang sekitar juga membuat Vindhy semakin terpacu untuk diet. Ia pernah disebut gajah bengkak hingga kingkong oleh temannya.

Pengalaman diet ekstrem

Saat ini berat badan Vindhy stabil di angka 70 kg, dari yang sebelumnya 103 kg. Ukuran bajunya juga turun banyak, dari 8XL menjadi M.

Ia merasa lebih percaya diri dan lebih menyayangi dirinya sendiri setelah jalani diet ini. "Diet adalah cara saya mencintai diri saya sendiri," tuturnya.

Sebelum menjalani diet yang benar, Vindhy pernah jalani diet ekstrem tahun 2012. "Saya memangkas pola makan saya, hanya dua kali sehari makannya. Saya kurangi karbohidrat, protein, bahkan semua yang saya makan itu makanan yang direbus dan hambar," ujarnya.

Efeknya ia malah jadi kurang fit, asam lambungnya naik, sering berkunang-kunang, bahkan sampai tidak bisa konsentrasi.

Jalani diet alami setelah gagal diet berkali-kali

Disebut Gajah Bengkak, Wanita Ini Terpacu Diet hingga Turun 43 Kg!Disebut Gajah Bengkak, Wanita Ini Terpacu Diet hingga Turun 43 Kg! Foto: YouTube Yulia Baltschun/Instagram vindkipin.id
Vindhy memilih jalani diet yang benar. "Dulu aku diet hanya ingin kurus, tapi setelah dapat edukasi, aku jadi lebih tahu cara hitung kalori, apa nutrisi yang baik, dan lainnya," katanya.

Ia berprinsip kalau diet bukan sekadar menurunkan angka di timbangan, melainkan gaya hidup jangka panjang. "Diet itu untuk mencintai diri sendiri dan mampu menerima diri sendiri dengan lebih baik," katanya.

Tips diet alami

Dengan cara alami, Vindy akhirnya berhasil menurunkan bobot sampai 43 kg. Hal ini ia lakukan perlahan, tanpa bantuan obat atau suplemen penurun berat badan.

Secara umum, hal yang ia lakukan adalah menciptakan kondisi defisit kalori, menyeimbangkan asupan zat gizi makro, mengasup banyak protein, dan menghindari konsumsi makanan tidak sehat.

Selain itu, ia juga rutin berolahraga. Olahraganya bukanlah yang berat, namun ia melakukan konsisten setiap hari seperti yang kerap ia tunjukkan di Instagram pribadinya.

Menu makanan diet Vindhy

Disebut Gajah Bengkak, Wanita Ini Terpacu Diet hingga Turun 43 Kg!Disebut Gajah Bengkak, Wanita Ini Terpacu Diet hingga Turun 43 Kg! Foto: YouTube Yulia Baltschun/Instagram vindkipin.id
Melalui laman Instagramnya, vindkipin.id, Vindhy mengungkap menu makanan diet ala dirinya. Ia mengatur porsi, jenis makanan, dan waktu konsumsinya.

Sarapan (06.30-07.30)
Vindhy pilih langsung minum 1 gelas air setelah bangun tidur. Untuk makanannya bisa 1 buah pisang (jenis apa aja), bubur oat plus buah berry/pisang, roti gandum 1-2 lembar, atau 3 buah telur rebus dengan 1 telur masih dengan kuningnya.

"Kalau olahraga? Boleh makan sebelum atau sesudah makan, asalkan kasih jeda sekitar 30 menit," katanya.

Camilan siang(10.00-11.00)
Vindhy merekomendasikan pilih camilan berupa makanan alami. Ia biasanya mengasup pepata, pir, semangka, atau apel. Jumlah takarannya kira-kira 1 mangkuk kecil.

Makan siang (12.00-13.30)
Sebelum makan siang, Vindhy selalu minum 1 gelas air dulu. Lalu untuk rekomendasi menunya ada nasi, lauk, dan sayur. Misalnya nasi, tumis kangkung, dan tempe bakar. Atau nasi, sayur sop, dan ada ayam.

Bila tidak suka nasi, ia menyarankan boleh makan singkong, urap, dan tempe bacem. Atau ubi rebus, oseng sawi, atau bihun.

Camilan sore (15.00-16.00)
Camilan sore sifatnya tidak wajib, kata Vindhy. Tapi masih bisa makan buah, tahu pepes, pancake oat, atau omelet tahu tanpa minyak.

Makan malam (17.00-1900)
Terakhir, untuk makan malam Vindhy lagi-lagi minum 1 gelas air dulu sebelum makan supaya ada rasa kenyang. Rekomendasi menunya bisa seperti menu makan siang.

"Kadang masih kenyang karena ngemil sore, so kadang-kadang aku cuma makan sayurnya aja sama sisa ubi atau makan sop aja," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di food.detil.com berjudul Disebut Gajah Bengkak, Wanita Ini Terpacu Diet hingga Turun 43 Kg!.

Posting Komentar untuk "Gara-Gara Disebut Gajah Bengkak! Kisah Diet Wanita Ini Viral Karena Turun Hingga 43 Kg"