Asyik! Penyaluran BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan akan mempercepat penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM Rp 1,2 juta. Bantuan akan terus dipercepat sampai Lebaran.

"Kami akan terus kejar sampai Lebaran karena ini saya kira berkaitan juga untuk kemampuan mendorong daya beli di masyarakat," kata Teten dalam konferensi pers virtual tentang Perkembangan & Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (5/5/2021).

Asyik! Penyaluran BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Berdasarkan datanya, realisasi BLT UMKM terbaru sudah diberikan kepada 8.635.025 penerima atau 88,11% dari target kuartal I-2021. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 10,4 triliun.

"Realisasi Banpres Produktif untuk usaha mikro saat ini dari anggaran Rp 12,36 triliun untuk 12,8 (juta) pelaku usaha di target awal untuk penyaluran 9,8 juta ini sudah terealisir 88,11% atau 8,6 juta pelaku usaha mikro," tuturnya.

Asyik! Penyaluran BLT UMKM Rp 1,2 Juta
Asyik! Penyaluran BLT UMKM Rp 1,2 Juta
Penasaran kamu termasuk penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta atau bukan? Coba cek di eform.bri.co.id/bpum. Ikuti caranya, seperti berikut ini:
  1. Klik e-form BRI (https://eform.bri.co.id/bpum)
  2. Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi
  3. Klik proses inquiry
  4. Jika sudah masuk, Anda akan menerima pemberitahuan apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak
  5. Jika terdaftar sebagai penerima, kamu sebagai pelaku usaha mikro bisa mendatangi kantor BRI untuk mencairkan BLT UMKM Rp 1,2 juta. Bantuan juga bisa langsung ditransfer ke rekening.
Selain BLT UMKM, bantuan juga diberikan berupa program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemerintah sendiri telah menaikkan plafon KUR dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta dengan tingkat suku bunga menjadi 3%. Program itu diperpanjang dan berlaku hingga Desember 2021.

"Tahun 2021 pemerintah juga memberikan dukungan akses pembiayaan untuk UMKM melalui program KUR dengan target Rp 250 triliun dan ini berpotensi ditingkatkan jadi Rp 285 triliun. Relaksasi subsidi bunga tambahan 3%, jadi suku bunga KUR sampai akhir Desember sebesar 3%," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di finance.detik.com berjudul Asyik! Penyaluran BLT UMKM Rp 1,2 Juta Dikebut Sampai Lebaran

Posting Komentar untuk "Asyik! Penyaluran BLT UMKM Rp 1,2 Juta"