Bansos Rp 3 Juta, Cara Cek BLT PKH 2021 dari Kemensos

Penerimaan BLT PKH 2021 dijadwalkan pada Juni-Juli 2021. Jika anda sudah terdaftar, ada baiknya mengetahui cara cek BLT PKH 2021 dari Kemensos ini.

Bantuan sosial (bansos) yang digulirkan Kementerian Sosial melalui program Bantuan Langsung Tunai Program Keluarga Harapan (BLT PKH) yang nominalnya bisa mencapai Rp 3 juta per tahun. Namun keluarga penerima manfaat (KPM) harus memenuhi syarat-syarat khusus. Pasalnya tak semua KPM bisa memperoleh dana bantuan senilai Rp 3 juta.

Bantuan ini rencananya akan menyasar 10 juta KPM. Bagi anda yang ingin mendapatkan BLT PKH syaratnya adalah harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kemensos.

Bansos Rp 3 Juta, Cara Cek BLT PKH 2021 dari Kemensos

Bansos Rp 3 Juta, Cara Cek BLT PKH 2021 dari Kemensos
Bansos Rp 3 Juta, Cara Cek BLT PKH 2021 dari Kemensos
Selain BLT PKH, Kemensos juga menyalurkan bantuan berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan non-Tunai (BPNT) atau kartu sembako.

Seperti tertulis dalam Pedoman Pelaksanaan PKH 2021 lewat situs pkh.kemensos.go.id bantuan PKH akan diberikan kepada lima kategori keluarga yakni keluarga yang memiliki ibu hamil, lansia, anak usia dini, pelajar sekolah, dan penyandang disabilitas. Namun tidak semua kategori bisa mendapatkan Rp 3 juta. Berikut rinciannya.
  • Ibu Hamil: Rp 3 juta, atau Rp 750 ribu per tiga bulan
  • Anak Usia Dini: Rp 3 juta, atau Rp 750 ribu per tiga bulan
  • Siswa SD: Rp 900 ribu, atau Rp 225 ribu per tiga bulan
  • Siswa SMP: Rp 1,5 juta, atau Rp 375 ribu per tiga bulan
  • Siswa SMA: Rp 2 juta, atau Rp 500 ribu per tiga bulan
  • Penyandang Disabilitas: Rp 2,4 juta, atau Rp 600 ribu per tiga bulan
  • Lansia: Rp 2,4 juta, atau Rp 600 ribu per tiga bulan
Jika anda memenuhi persyaratan di atas, cara cek BLT PKH adalah sebagai berikut:
  1. Buka situs resmi Kemensos di link cekbansos.kemensos.go.id 
  2. Pilih provinsi, kecamatan dan desa tempat tinggal Anda
  3. Ketik nama penerima sesuai KTP
  4. Masukkan 2 kata kode captcha. Jika kode captcha tidak jelas, klik icon "refresh"  untuk mendapatkan kode baru.
  5. Lalu klik tombol cari data
  6. Jika data penerima PKH benar maka akan muncul tampilan nama penerima, umur, jenis bansos yang diterima, dan status penyaluran bansos. Dana bantuan PKH dapat dicek melalui rekening masing-masing.
Itulah cara cek BLT PKH 2021 dari Kemensos. Apakah nama anda telah masuk dalam daftar penerima bansos tersebut? Artikel ini telah tayang di suara.com dengan judul : Cara Cek BLT PKH 2021 dari Kemensos, Dapat Bansos Rp 3 Juta