3 Cara untuk Melindungi Privasi di Sosial Media

Internet telah membuat segalanya tampak sangat mudah. Dari membeli buku dan video, hingga menjelajahi rumah dan kendaraan, Anda bisa mendapatkan apa saja dari internet, tetapi bukan tanpa risiko mengenai privasi Anda.
Cara Melindungi Privasi di Sosial Media

Setiap kali Anda menaruh informasi pribadi Anda di dunia maya baik secara sengaja atau tidak sengaja, tidak mungkin 100% mengendalikan bagaimana orang lain menggunakan informasi tersebut.

Dalam kasus terburuk, informasi Anda dapat digunakan untuk merusak reputasi Anda, melakukan kegiatan ilegal, atau mencuri identitas Anda. Sekarang, lebih dari sebelumnya, penting untuk melindungi privasi jejaring sosial Anda di internet karena tidak seperti orang lain, internet tidak pernah lupa.

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diingat untuk membantu Anda melindungi privasi jejaring sosial Anda di internet.

Periksa pengaturan privasi di jejaring sosial untuk melindungi informasi pribadi

Apakah Anda khawatir tentang privasi online Anda diserang di situs sosial? Pastikan untuk memeriksa pengaturan privasi Anda di jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn dan tidak menerima permintaan teman dari orang yang tidak dikenal. Kelima poin ini dapat membantu Anda saat membuat profil Anda.
  1. Jangan berbagi alamat lengkap, nomor telepon, nama lengkap dan tanggal lahir di jejaring sosial
  2. Jangan berikan nama, nomor telepon atau alamat atau informasi kartu kredit Anda ke sembarang situs e-commerce
  3. Jadikan foto Anda pribadi di situs jejaring sosial
  4. Isi formulir hanya di situs web yang aman dan dienkripsi
  5. Jangan menerima setiap permintaan aplikasi yang Anda dapatkan di situs sosial.

Pikirkan sebelum memposting

Ini mungkin tampak jelas, tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memposting setiap detail hari mereka di situs jejaring sosial. Posting di mana Anda berada atau ke mana Anda akan pergi di masa depan bisa membuat Anda dalam kesulitan. Mengunggah foto diri Anda yang memalukan bahkan bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan penting.

Pastikan untuk tidak memposting:
  1. Rencana Anda untuk hari itu
  2. Setiap detail pribadi tentang perjalanan Anda atau lokasi yang akan Anda kunjungi
  3. Setiap informasi yang dapat digunakan secara negatif di masa depan.

Gunakan layanan manajemen reputasi online

Layanan manajemen reputasi online memantau, mengingatkan, dan membantu pengguna web dalam mengelola reputasi mereka secara online, dan melindungi privasi mereka di situs jejaring sosial. 

Ini mendeteksi penyalahgunaan reputasi Anda, memungkinkan privasi browser menggunakan alat plug-in dan penghapusan cookie yang mudah dipasang, dan juga dapat mengirim peringatan instan jika seseorang mencoba mengeksploitasi reputasi Anda secara online. Dengan terus memantau privasi dan identitas Anda, layanan ini dapat:
  1. Lindungi informasi pribadi Anda yang tersedia untuk umum secara online
  2. Memberitahu Anda jika ada risiko pencurian identitas, penipuan pembelian atau penipuan kredit online
  3. Hentikan katalog dan spam yang tidak diinginkan
  4. Membantu Anda melacak reputasi online Anda.